Bulan Depan UGM Siap Melaksanakan Kuliah Tatap Muka 100 Persen

YOGYA, KRJOGJA.com – Menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri terbaru tentang pembelajaran pada masa pandemi Covid-19, Universitas Gadjah Mada (UGM) siap melanjutkan pelaksanaan Kuliah Bauran antara tatap muka daring dan tatap muka luring yang sebelumnya telah diimplementasikan dalam PTM terkendali pada Oktober 2021 lalu.

Dalam KBM Bauran mendatang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa UGM, tidak seperti sebelumnya, KBM Bauran diprioritaskan bagi mahasiswa angkatan 2020, angkatan 2021, dan mahasiswa yang membutuhkan praktikum, penelitian, pengabdian masyarakat, dan penyelesaian tugas akhir.

“UGM siap menyelenggarakan KBM Bauran yang didalamnya dimungkinkan penerapan PTM 100 persen. Sistem ini akan mulai diimplementasikan mulai semester genap tahun akademik 2021/2022 atau sekitar Februari 2022 dapat dilanjutkan pada semester berikutnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan,” terang Kepala Pusat Inovasi Kebijakan Akademik (PIKA) UGM, Hatma Suryatmojo, Senin (17/1/2022).

Pelaksanaan KBM Bauran semester genap mendatang, UGM tidak mensyaratkan dosen pengampu kuliah untuk bisa menggelar PTM 100 persen. Namun, perkuliahan bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan memenuhi capaian pembelajaran.

“Jika dosen pengampu kuliah membutuhkan tatap muka 100 persen dipersilakan, tetapi yang tidak bisa PTM 100 persen tidak menjadi persoalan. Yang menentukan tatap muka di kelas berapa persen itu diserahkan pada dosen pengampu mata kuliah,” paparnya.

UGM

BERITA REKOMENDASI