Ciptakan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan, Mahasiswa UNY Sabet Emas di Korsel

JAKARTA (KRjogja.com) – Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan sebuah karya yang diberi nama ALEA (Alternative Energy of Air Conditioner Exhaust). Alat ini merupakan pembangkit listrik ramah lingkungan berbasis tenaga angin dari pembuangan AC.

Tim ALEA terdiri atas Sari Rosiati Nur Khasanah, Fauziyyah Diyah Anggita Sari, Rizal Burhanudin, Okta Lesagia, dan Absari Hanifah. Ketua tim, Sari menjelaskan, proses kerja alat ini memanfaatkan energi angin yang keluar dari pembuangan AC. Kemudian diubah menjadi arus listrik dengan menggunakan ALEA.

"Keunggulan produk ini antara lain ramah lingkungan, tidak mengurangi kinerja mesin AC, dan energi yang dihasilkan konstan," ujarnya dilansir laman UNY, Sabtu (6/8/2016).

Sari dan timnya kemudian membawa karya tersebut pada Internasional World Invention Creativity Contest (WICC) 2016 di SETEC, Seoul, Korea Selatan. Bahkan, dalam ajang tersebut tim ALEA berhasil meraih medali emas dan special award.

WICC sendiri diikuti oleh ratusan inventor dari beberapa negara, di antaranya Malaysia, Indonesia, Korea Selatan, Vietnam, Amerika Serikat (AS), Taiwan, China, Filipina, dan beberapa negara lainnya.

"Kompetisi ini memiliki konsep exhibition, di mana setiap inventor mempresentasikan karya dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab di hadapan dewan juri. Delegasi Indonesia dalam WICC tahun ini diwakili oleh tiga universitas terbaik, di antaranya Universitas Brawijaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Universitas Negeri Yogyakarta," pungkasnya. (*)

BERITA REKOMENDASI