Cirnov UAD Buat Pistol Penangkal Virus Berbasis Sinar UV

YOGYA KRJOGJA.com – Dalam pandemi Covid-19, Center for Integreted Reseacrh and Innovation (Cirnov) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengembangkan alat disinfektan atau alat untuk membunuh kuman (bakteri, virus) berbentuk pistol yang digenggam berbasis sinar Ultra Violet (UV) jenis C.

Prof Hariyadi PhD, Kepala Cirnov UAD mengatakan, pistol yang dibuat untuk melakukan pencegahan wabah virus ini dibuat relatif mudah dioperasikan, cepat dan aman. Penggunaan pistol hanya diarahkan ke area yang ingin disterilkan untuk waktu sekitar 1 menit. Relatif cepat dan operator tidak perlu meninggalkan ruangan karena pistol ini dilengkapi dengan pelindung sinar berupa reflektor.

“Reflektor ini juga berfungsi sebagai alat pemfokus sinar ke area atau objek yang diinginkan,” ujar Prof Hariyadi sebagai inventor sekaligus Kepala Cirnov UAD di Ruang Sidang Utama, Jalan Kapas, Semaki, Rabu (17/07/2020). Hadir dan memberi pengantar Rektor UAD Dr Muchlas MT dan penjelasan Drs Hadi Sasongko MSi (Kepala Laboratorium Mikrobiologi, Prodi Biologi Industri Fakultas Sains dan Teknologi Terapan/FAST UAD).

Menurut Hariyadi, alat ini telah diuji fungsi Pistol Covid-19 oleh Kadislitangad di kantor Cirnov-UAD.

BERITA REKOMENDASI