Collaborative Summer Program UGM – Tsinghua University

SLEMAN (KRjogja.com) – Sebanyak 20 mahasiswa dari Tsinghua University, Cina akan bergabung bersama mahasiswa UGM dalam Collaborative Summer Program yang berlangsung pada tanggal 29 Agustus hingga 8 September 2016. Program yang diselenggarakan atas kerja sama antara UGM dan Tsinghua University ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai keragaman budaya kepada para mahasiswa dari kedua universitas. Globalisasi dan kemajua  n teknologi memungkinkan terjalinnya interaksi antara berbagai orang dengan latar belakang budaya, ras, golongan, dan bahasa yang berbeda.

"Saat ini dunia berubah dengan cepat, dan pemahaman akan budaya menjadi sesuatu yang sangat penting.  Karena itu mahasiswa tidak bisa hanya belajar secara akademik, tetapi juga perlu memiliki paparan internasional,” ujar Sekretaris Direktorat Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional UGM Dr. Danang Sri Hadmoko, S.Si., M.Sc saat membuka UGM-Tsinghua University Collaborative Summer Program, Senin (29/08/2016) sebagaimana keterangan pers resmi UGM.

Danang menyampaikan bahwa program ini akan menjadi awal dari kolaborasi kedua universitas di waktu mendatang.  Program ini juga menjadi hal yang penting mengingat kedekatan hubungan antara Indonesia dan Cina, baik dalam hal politik, ekonomi, maupun sosial budaya. “Ini adalah kesempatan yang berharga bagi mahasiswa dari Indonesia dan Cina untuk dapat meningkatkan paparan internasional, juga untuk mempererat ikatan di antara kedua negara,” jelasnya.

Wakil Rektor Tsinghua University Prof. Yang Bin mengungkapkan bahwa program kolaboratif ini merupakan kesempatan yang baik bagi mahasiswa Tsinghua untuk membangun jaringan global dan belajar dari budaya serta pengalaman masyarakat Indonesia.

"Jika berbicara mengenai globalisasi, tantangan yang sesungguhnya adalah bagaimana membentuk cara berpikir para mahasiswa, bagaimana mereka bisa memiliki wawasan global dan mencari solusi untuk persoalan dunia,” ujar Yang. (*)

 

UGM

BERITA REKOMENDASI