Dalem Pasinaon, Rumah yang Nyaman untuk Belajar

SOLO, KRJOGJA.com – Pada masa pandemi Covid-19, Dalem Pasinaon di Desa Tunggur Kecamatan Slogohimo Kabupaten Wonogiri menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak sekolah. Dalem Pasinaon yang dirintis Dhiya Restu Putra, mahasiswa Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berangsur angsur menjadi bagian dari anak anak.

Itu sesuai obsesi Restu. “Selama pandemi ini, kami ingin tempat ini selalu menjadi bagian darii adik-adik dalam belajar,” katanya, Sabtu (12/12/2020). Dalem Pasinaon sebagai wadah untuk belajar bersama dan berkegiatan sosial dirintis mulai Agustus 2019. Kegiatan yang ada dirancang cukup variatif.

Selain mengajak teman kuliah, Restu juga merangkul mahasiswa dari perguruan tinggin lain diantaranya dari Unnes, Poltekkes Surakarta, ISI Solo, STAN, UNY, UGM, IAIN Surakarta, IAIN Ponorogo dan Kusuma Husada Solo.

Restu menjelaskan kegiatan pertama yang dilaksanakan memperenalkan anak-anak usia SD mengenai literasi seperti membaca buku cerita, mendongeng, menggambar, mewarnai, bernyanyi lagu nasional dan daerah. Untuk memperlancar program kegiatannya, para orangtua anak ikut dilibatkan. “Jika sosialisasi penting dari Dinas atau Kecamatan mereka diundang,” terangnya.

UNS

BERITA REKOMENDASI