Dana Hibah PPKM, 65 Persen dari Perguruan Tinggi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Dari 142 proposal yang lolos, proposal yang dinilai layak untuk mendapatkan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) dan 65 Persennya dari perguruan tinggi. Demikian dipaparkan Sekretaris Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek Paristiyanti Nurwardani dalam taklimat media yang digelar melalui virtual, Jumat (15/10/2021) malam.

Untuk memenangkan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi tidaklah mudah. Seleksinya yang melalui berbagai tahapan mulai dari seleksi administrasi, kesesuaian, hingga keberlanjutan program, membuat banyak proposal yang diajukan perguruan tinggi berguguran.

“Dari sekitar 500 proposal PPKM, tahun ini hanya 142 proposal yang dinilai layak untuk mendapatkan dana hibah PPKM,” kata Paristiyanti .

Ia sangat apresiatif karena dari 142 proposal yang lolos, ternyata 65 persen diantaranya berasal dari perguruan tinggi swasta. “Ini membuktikan bahwa peluang untuk mendapatkan dana hibah baik itu PTN maupun PTS sama saja, yang terpenting lolos seleksi dengan persyaratan yang sudah kami tetapkan,” lanjutnya.

Salah satu PTS yang lolos seleksi adalah Universitas Kristen Maranatha, Bandung, Jawa Barat. Universitas tersebut kata Paristiyanti dapat menjadi inspirasi bagi perguruan tinggi lain bagaimana mengelola dana PPKM yang disediakan oleh pemerintah.

“Kami dari pemerintah memberikan dana Rp1 miliar kepada Universitas Kristen Maranatha. Tetapi saya senang karena dari anggaran senilai itu dapat melibatkan lebih dari 1300 mahasiswa dan berkolaborasi dengan lebih dari 100 industri,” jelas Paristiyanti.

BERITA REKOMENDASI