Demokrasi Masih Mencari Bentuknya

BANTUL, KRJOGJA.com – Masalah negara itu politik dan ekonomi. “Kalau 2 hal itu baik, baiklah semuanya. Kenapa? Demokrasi masih mencari bentuknya,” kata Sultan Bachtiar Najamudin SSos MSi, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Bidang III saat diskusi di Aphitheatre lantai 7 Fakultas Kedokteran, Kampus Utama Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Ringroad Selatan, Bantul, Senin (14/02/2022).

Diskusi memilih tema ‘Anomali Demokrasi dan Posisi DPR RI dalam Sistem Ketatanegaraan Indonesia’. Hadir dan membuka Dr Norma Sari MH (Wakil Rektor Bidang SDM UAD), hadir pula Dr Gatot Sugiarto MH (Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Alumni UAD), para dekan. Dalam kesempatan itu Afnan Hadikusumo (anggota DPD RI) juga memberi pengantar diskusi.

Menurut Sultan BN, politik dan ekonomi sangat erat hubungnya. “Kalau 2 hal itu tidak beres, negara akan banyak masalah juga,” katanya. Dalam kesempatan itu, soal demokrasi banyak disinggung. “Saya malah berpandangan reformasi itu perlu ditinjau ulang. Di mana posisi negara, demokrasi, DPD?” tanyanya.

UAD

BERITA REKOMENDASI