Deru UGM-IKIPMu Maumere Bangun ‘Risba’ Puskesmas Pembantu

YOGYA, KRJOGJA.com – Disaster Response Unit (Deru) UGM bersama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah (IKIPMu) Maumere menyelesaikan pembangunan rumah tahan gempa, yakni Rumah Instan Struktur Baja (Risba). Saat ini rumah tersebut telah difungsikan sebagai puskesmas pembantu bagi warga di Kecamatan Adonara Timur, Flores Timur NTT.

Rektor IKIPMu, Erwin Prasetyo ST MPd sangat senang bekerja sama dengan UGM. Menurutnya, selain terlibat dalam penanganan pascabencana badai siklon tropis Seroja, mahasiswa IKIPMu juga memperoleh softskill dan hardskill dalam skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Harapan kami kerja sama ini terus berlanjut karena banyak manfaatnya,” kata Erwin melalui pesan suara yang disampaikan kepada Kasie Pembinaan Masyarakat, Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat (DPKM) UGM Destina Kawanti SSi MIP, Selasa (10/8/2021).

Beberapa waktu lalu Deru UGM mengirimkan tim relawan dan berbagai bantuan guna penanggulangan dampak bencana badai siklon tropis Seroja. Tim tersebut meliputi tim perintis dari tim teknik untuk membuat Risba dan relawan psikologi untuk melatih trauma healing. Tim teknik pembuatan Risba terdiri Ashar Saputra ST MT PhD, Angga Fajar Setiawan ST MEng PhD dan Drs Abdul Malik Usman MAg. Tim ini berhasil mengidentifikasi kerusakan bangunan karena hembusan angin kencang badai Seroja.

UGM

BERITA REKOMENDASI