Di Fisipol UGM Ridwan Kamil Bagikan Pengalaman Pimpin Jawa Barat

SLEMAN, KRJOGJA.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi pembicara dalam Fisipol Leadership Forum Road to 2024 seri 1, Kamis (2/12/2021). Kang Emil menceritakan pengalaman yang dilalui saat memimpin Bandung dan kini di Jawa Barat.

Kang Emil menceritakan bagaimana ia sengaja membuka akses alun-alun di Bandung sebagai ruang publik untuk masyarakat. Ia menyadari bahwa masyarakat membutuhkan ruang untuk berinteraksi dan menyalurkan pendapat dan alun-alun akhirnya disadari sebagai ruang untuk mengakomodasi hal tersebut.

“Saya sempat didatangi warga saya, bilang terimakasih karena sudah membuka alun-alun yang dulunya dipagari. Ini penting karena tempat itu sebagai ruang untuk publik berinteraksi, bergaul, menyampaikan aspirasi atau apapun,” ungkap dia.

Emil juga mengungkap bagaimana ia dengan serius mengelola sosial media untuk menunjukkan sisi lain dalam kehidupannya sebagai manusia biasa. Hal tersebut perlu menurut Emil karena masyarakat harus mengetahui sisi menyeluruh dari pemimpinnya.

“Tapi tetap hati-hati juga agar tidak menghilangkan esensi kerja. Saya juga gabungkan kerja populis dengan teknokratis. Ini cara kami memimpin Jabar hari ini. Populis saja disukai tapi indeks tidak berubah, jadi harus seimbang juga. Politik tengah, semua diseimbangkan. Beberapa tahun lalu saat saya di Swedia, saya diperkenalkan sebagai gubernur Jawa Barat Indonesia yang followers instagramnya lebih besar dari jumlah warga negara Swedia. Ini lucu-lucuan saja,” ungkapnya tersenyum.

BERITA REKOMENDASI