Direktur Polbangtan YoMa Kukuhkan Paskibra Upacara 17 Agustus 2019

YOGYA, KRJOGJA.com – Apel pagi di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa), Jumat, 16 Agustus 2019. Hari itu dilakukan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang akan bertugas di kampus tersebut.

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Direktur Pobangtan Yoma Dr Rajiman SP MP. Paskibra yang dikukuhkan akan bertugas Sabtu, 17 Agustus 2019, di Polbangtan YoMa Kampus Yogyakarta.

Paskibra terdiri dari 48 mahasiswa/mahasiswi tingkat I Jurusan Pertanian dengan Prodi Teknologi Benih, Prodi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, dan Prodi Agribisnis Hortikultura. Sejak tanggal 5 Agustus, Paskibra telah berlatih berbaris mengibarkan bendera, dengan dikoordinir, dilatih dan diarahi oleh Syarani – Mahasiswa Tingkat III.

Kegiatan Pengukuhan Paskibra di Polbangtan YoMa pada Jumat Pagi terdiri 4 acara, yaitu Pengukuhan Paskibra, Pengucapan Ikrar Paskibra, Penyematan Pin Merah Putih dan Penciuman Bendera Merah Putih. Pelantikan Paskibra di Polbangtan YoMa merupakan wujud pelimpahan tanggung jawab untuk melaksanakan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada gelaran upacara tahunan memperingati Kemerdekaan RI.

Pengucapan Ikrar Paskibra adalah janji dan tanggung jawab Paskibra untuk menunaikan tugas yang diberikan sebagai pengibar merah putih. Penyematan Pin Merah Putih kepada Paskibra sebagai simbol pengukuhan, dilakukan oleh Dr Rajiman SP MP, Dr Ananti Yekti SP MP (Wakil Direktur I), Dr Ir Adi Prayoga MP (Ketua UPPM), Galuh HE. Akoso SP MSc (Plt. Ketua Jurusan Pertanian) dan Agus Wartapa SP MP (Ketua Prodi Teknologi Benih).

Acara terakhir adalah penciuman Bendera Merah Putih, diwakili 2 Paskibra dengan berada pada sisi kanan dan sisi kiri bendera dihadapan Pembina Apel. “Diharapkan para mahasiswa mahasiswi Polbangtan Yoma yang telah dikukuhkan menjadi Paskibra, dapat mewujudkan ikrarnya dan mensukseskan Pengibaran Bendera Merah Putih pada HUT RI ke-74”, tutur Rajiman, Direktur Polbangtan Yoma.

Ditambahkan pelatih Paskibra Polbangtan Syahrani, dari tingkat desa sampai nasional, instansi pemerintah wajib melakukan pengukuhan dan ikrar Paskibra sebelum pelaksanaan pada Upacara Bendera HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. (*)

BERITA REKOMENDASI