DIY Dukung Konsep Merdeka dan Mandiri Belajar

YOGYA, KRJOGJA.com – Pendidikan dan pariwisata merupakan ‘engine of growth’ DIY, dengan budaya sebagai ruhnya, serta generasi muda sebagai penggeraknya. Seiring perkembangan zaman dan tuntutan perubahan, DIY tengah menjalankan renaisans pendidikan, baik di lingkup formal maupun informal. Renaisans pendidikan di DIY dijalankan dengan fondasi budi pekerti dan literasi untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat. Hal ini dilakukan guna mewujudkan generasi bangsa yang berkarakter, unggul, dan bermartabat.

“Pemda DIY mendukung konsep prinsip Merdeka dan Mandiri Belajar, yang selaras dengan konsep pembelajaran sepanjang hayat. Tentu konsep ini harus mengakomodir kearifan lokal, terus menerus disempurnakan, agar mencapai tataran outcome yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam X saat menerima Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Senin (18/4/2022).

Paku Alam X mengatakan, DIY pada tahun 2021 lalu menerima Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka untuk kategori Provinsi dengan tingkat kegemaran membaca terbaik di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan sekaligus asa, bagaimana agar kegemaran membaca dapat segera ditransformasikan menjadi budaya baru.

“Tak dapat dipungkiri, sekaranglah saat terbaik untuk mencetak generasi muda transformatif, yang menguasai berbagai digital skill, tanpa meninggalkan jati dirinya,” ungkap Paku Alam X.

Wagub DIY menambahkan, kondisi perekonomian DIY sempat mengalami kontraksi cukup dalam akibat pandemi Covid-19 yang menekan sektor pariwisata, pendidikan, dan konsumsi rumah tangga. Apalagi, perekonomian DIY ditopang oleh 98 persen sektor UMKM yang terkoneksi pada sektor jasa pariwisata dan pendidikan. Penurunan kinerja sektor pariwisata selama pandemi memberikan multiplier effect secara signifikan pada sektor-sektor yang terhubung langsung. Seperti perhotelan, industri kuliner, transportasi, perdagangan, dan destinasi wisata.

“Kunjungan wisatawan domestik yang saat ini mulai pulih dapat menjadi pendongkrak sektor perekonomian. Saat ini, Pemda DIY telah mengupayakan promosi wisata yang bersifat inklusif, berbasis brain awareness dan responsible tourism,” terangnya.

BERITA REKOMENDASI