Dosen ITNY dan UNY Berkreasi Membuat Geblek Kelor

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi adalah pengabdian kepada masyarakat. Dosen Institut Teknologi Nasional Yogyakarta (ITNY) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berkolaborasi dalam menghasilkan produk Geblek (makanan khas Kulonprogo) menjadi lebih sehat dan inovatif. Perajin geblek yang mereka dampingi juga telah menciptakan berbagai macam varian rasa yaitu geblek original, tenggiri, udang, tuna, serta diversifikasi produk.

Program pengabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) dilakukan oleh Dr Daru Sugati (ITNY), Dr Nani Ratnaningsih (UNY), dan Mutiasari Kurnia Devi (ITNY). Kegiatan pendampingan oleh ketiga dosen tersebut telah berlangsung selama tiga tahun sejak tahun 2019 dengan dana hibah dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemendikbudristek.

“Program ini fokus pada pengembangan produk unggulan daerah. Kami melihat produk geblek sangat potensial untuk menjadi produk unggulan dari daerah Kulonprogo. Dengan mengusung tema Healthy Geblek: Camilan Sehat Kekinian dari Kulonprogo, ini sudah memasuki tahun terakhir program,” kata Daru Sugati, Senin (16/08/2021).

UNY

BERITA REKOMENDASI