Dosen Jangan Mudah ‘Gumunan’

Editor: Ary B Prass

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Setiap semester dosen diwajibkan publikasi karya ilmiah. “Itu berarti selama 1 tahun, 2 kali publikasi. Kondisi ini mendorong dosen terus melakukan penelitian sesuai disiplin ilmu. Dosen itu ilmuwan, meski demikian harus hati-hati dan jangan mudah gumunan atau terheran-heran dengan fenomena dan realitas cepat berubah,,”  kata Prof Dr H Heru Kurnianto Tjahjono MM dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) saat Pelatihan Riset, Metodologi dan Aplikasi di kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Jalan Kapas, Semaki Yogya, Rabu (16/02/2022).

Kegiatan tersebut diberi pengantar Dyah Fitriani SE MM (Kaprodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis/FEB UAD) dan dibuka oleh Dr Salamatun Asakdiyah MSi selaku Dekan FEB-UAD.

Menurut Heru Kurnianto, adanya kebijakan setiap semester harus publikasi karya ilmian menjadi tekanan sekaligus tantangan. “Melakukan penelitian ilmiah memang banyak tekaban dan tantangan. Saat melakukan penelitian, riset apa isu aktualitasnya. Riset selayaknya bicara konteksnya,” katanya.

Sedangkan Dr Salamatun Asakdiyah MSi dalam sambutan antara lain mengatakan, dengan pelatihan riset dan penelitian diharapkan kualitas dan kuantitas penelitian semakin meningkat. “Bagi yang mau studi S3 penelitian menjadi basic harus dikuasai. Kalau S1 belum menggunakan SEM-AMOS,” ujarnya.

Dekan FEB-UAD berharap, dari penelitian kinerja dosen meningkat, terutama publikasi karya ilmiah, bisa publikasi di Jurnal Sinta 1 -2 dan  Scopus.

Sedangkan Dyah Fitriani SE MM mengatakan, kegiatan berlangsung hingga Kamis (17/02/2022) tersebut dimoderatori Dr Sukardi MM. Pada pelatihan hari pertama dibahas materi riset dan metodologi ilmiah, penilaian jurnal nasional dan internasional dalam PAK dengan moderator Dr Sukardi MM.

Pelatihan hari kedua dibahas pengenalan aplikasi SEM AMOS, analisis regresi sederhana dan analisis jalur pada aplikasi SEM AMOS, analisis mediasi dan moderasi aplikasi SEM-AMOS dengan fasilitator pelatihan Sofyan Ashari Nur. (Jay)

BERITA REKOMENDASI