Dr Agus Purwanto, Guru Besar Baterai Litium UNS

SOLO, KRJOGJA.com – Dr Eng Agus Purwanto ST MT, peneliti baterai litium Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih pangkat guru besar. Guru besar dosen Fakultas Teknik ini akan dikukuhkan bersama dengan dua profesor yang lain oleh rektor Prof Dr Jamal Wiwoho di auditorium kampus Kentingan Solo, Rabu (26/2).

Dua guru besar yang lain yakni Prof Ir Winny Astuti MSc PhD juga dari Fakultas Teknik dan Prof Dr Asrowi MPd dari FKIP. Dengan bertambahnya tiga profesor itu UNS sekarang memiliki 218 guru besar. Mereka inilah yang memperkuat jajaran senat universitas.

Prof Agus Purwanto masih terus mengembangkan baterai litium menjadi sumber energi yang murah dan awet. Melihat potensi sumber materi yang ada di tanah air, sangat mungkin memproduk “Di Indonesia mempunyai bahan baterai yang bisa didevelop menjadi produk yang murah, tahan lama dan aman,” tandasnya.

Baterai yang dibuat bersama tim jenis lithium ion. Fokus riset pengembangan baterai lithium Prof Agus yakni tetap murah, berkualitas, aman dan awet. Jadi menggali potensi material baterai dari dalam negeri harus terus dilakukan.

Menurut Prof Agus, pengembangan proses pembuatan material aktif baterai lithium dengan bahan baku teknis yang murah telah berhasil dikembangkan. Penelitian produksi dengan zero waste telah dilakukan dengan memproses ulang limbah produksi menjadi material aktif.

“Untuk membuat baterai lithium ion yang berkualitas, pengontrolan internal resistance memegang peranan yang penting,” tambah Agus. Sementara Prof Winny Astuti, menyampaikan pidato pengukuhan Pembangunan Perumahan berbasis Masyarakat sebagai Upaya Pengentasan Kemiskinan Kota.

Adapun Prof Asrowi menyampaikan pidato Konseling Spiritual Sebagai Alternatif Penguatan Karakter Era 5.0. (Qom)

BERITA TERKAIT