Dua Dosen UAA Masuk Daftar 250 Top Ilmuwan Indonesia

YOGYA, KRJOGJA.com – Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Sumberdaya, Universitas Alma Ata, Ridho Satria Harahap, MBA. menyampaikan bahwa dua orang dosen Universitas Alma Ata (UAA) masuk sebagai 250 TOP Ilmuwan di Indonesia, berdasarkan AD Scientific Index 2022. AD Scientific Index ini merupakan Lembaga Pemeringkatan Independen yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Murat ALPER (MD) dan Prof. Dr. Cihan DÖĞER (MD) dengan menggunakan nilai total dan nilai 5 tahun terakhir dari indeks i10, h-index, dan skor kutipan di Google Scholar.

Selain itu, rasio nilai 5 tahun terakhir terhadap nilai total indeks yang disebutkan di atas juga digunakan. Dengan menggunakan total sembilan parameter, “Indeks Ilmiah AD” menunjukkan peringkat ilmuwan secara individu berdasarkan 12 subjek keilmuan (Pertanian & Kehutanan, Seni, Kedokteran & Ilmu Kesehatan, dll), 256 cabang ilmu, 14,120 lembaga perguruan tinggi, dari 215 negara.

“Dua dosen Universitas Alma Ata (UAA) di tahun 2022 yang masuk daftar 250 Top Ilmuwan Indonesia versi AD Scientific Index adalah Prof. Dr. Hamam Hadi., MS., Sc.D., dan Prof. Wan Abdul Manan Bin Wan Muda. Prof Hamam Hadi adalah seorang professor dibidang Public Health, yang berkedudukan sebagai dosen di Program Studi S2, Alma Ata Graduate School of Public Health, dan menjabat sebagai rektor Universitas Alma Ata. Sementara itu, Prof Wan Manan adalah dosen dan instruktur di Program Studi S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Alma Ata,” jelas Ridho Harahap, Kamis (27/01/2022).

Terkait dengan capaian sebagai 250 TOP Ilmuwan Indonesia, Prof. Hamam selain bersyukur kepada Alloh SWT juga berharap semoga capaian ini bisa menjadi motivasi dan spirit bagi dirinya sendiri maupun bagi para dosen lainnya di Universitas Alma Ata untuk lebih produktif lagi kedepan, mengembangkan karya-karya ilmiah yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat luas, khususnya bagi bangsa Indonesia, sesuai dengan bidang keilmuan masing masing. Capaian ini juga diharapkan bisa menjadi pemantik bagi seluruh civitas akademika UAA, khususnya para dosen UAA agar dapat lebih produktif, bisa mewujudkan lompatan-lompatan lebih cepat dan lebih jauh dalam pengembangan UAA kedepan.

“Prof Hamam yang juga merupakan Rektor Universitas Alma Ata telah memberikan tauladan yang baik untuk pada para dosen yang lain di UAA untuk terus berkarya, melahirkan karya-karya yang berkualitas, serta memberikan sumbangsih untuk kemaslahatan ummat,” pungkas Ridho Harahap. (*)

BERITA REKOMENDASI