Dukung Kesehatan Masyarakat, MMSA UMY Sosialisasi Kesehatan Ibu Hamil

YOGYA, KRJOGJA.com – Muhammadiyah Medical Student Activities (MMSA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan sosialisasi program 'SAVIOUR' atau Save Our Mother to Save Our Generation.

Dosen Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY dr Alfaina Wahyuni Sp OG MKes menyatakan, masalah yang terjadi pada masa kehamilan dapat berpotensi membahayakan ibu dan janin.

"Masalah, seperti gizi buruk, hipertensi, infeksi berisiko membahayakan ibu dan juga janin. Untuk ibu hamil misalnya adalah perdarahan menjadi penyebab terbesar dalam banyak kasus kematian pada ibu hamil," ungkapnya, Senin (19/2/2018).

Dikatakan, perdarahan harus dikenali agar dapat segera ditindaklanjuti. Perdarahan atau hemorrage adalah keadaan tubuh mengalami kehilangan darah. Pada ibu hamil hal ini perlu dicermati seksama.

"Perdarahan juga mungkin merupakan tanda ibu akan segera melahirkan apabila terjadi ketika umur kandungan sudah mencapai cukup bulan (37-38 minggu). Perdarahan bisa juga terjadi sebagai akibat dari abortus atau keguguran," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan DIY, terdapat 34 kasus kematian yang dialami oleh ibu hamil di Yogyakarta. 10 diantaranya merupakan kasus yang terjadi di wilayah Bantul, dimana 9 kasus terjadi pada proses melahirkan.

"Data tersebut menunjukkan bahwa kesehatan ibu hamil merupakan hal yang harus diperhatikan dalam masa mengandung. Baik Dinkes, Fasilitas Kesehatan, serta penggiat kesehatan berusaha untuk menekan risiko terjadinya kematian pada ibu hamil," katanya. (R-3)

BERITA REKOMENDASI