Eat Cocoa, Wisata Coklat di Lereng Merapi

SLEMAN (KRjogja.com) – Kreatifitas anak-anak UGM kembali diuji di kawasan lereng Merapi tepatnya di Dusun Tanen Hargobinangun Pakem Sleman. Anak-anak muda dari Fakultas Pertanian tersebut menggagas wisata coklat Merapi yang kemudian diberinama Edu Agro Tourism of Cocoa (Eat Cocoa Merapi).

Wisata coklat ini digagas oleh Abdul Malik bersama lima temannya yaitu Endri Geovani, Hendri Yudha Winanto, Deni Muslifah, Siti Muawanah dan Restiana Ruly. Mereka mulai menginisiasi warga masyarakat Tanen sejak tahun 2013 lalu.

Tujuannya, selain memasyarakatkan coklat pada wisatawan dan dengan produk olahan, mereka juga ingin menaikkan perekonomian warga setempat. “Tujuan pengembangan agrowisata ini untuk meningkatkan perekomonian masyarakat petani dalam upaya menyukseskan program pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan bagi warga desa sekitarnya,” ungkap Abdul ketika ditemui di Fakultas Pertanian UGM Kamis (25/8/2016).

Saat ini, agrowisata Eat Cocoa di Tanen sudah mulai menggeliat dengan total kebun mencapai 9,9 hektar. Wisatawan yang datang bisa menjelajahi coklat pasir Merapi mulai dari proses penanaman hingga panen dan pengolahannya. "Kita bisa langsung makan buah coklat di kebun dan merasakan langsung juga bisa menjajal mengolah coklat," imbuhnya.

Bagi wisatawan yang ingin menginap dan menikmati suasana pedesaan, warga juga menyediakan guest house yang bernuansa rumah kampung dengan fasilitas yang cukup memadahi. Nah, mungkin sudah waktunya menjajal agrowisata Tanen Pakem. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI