Eks PTY UPNVYK Tuntut Keadilan, Kontrak Kerja P3K PTNB Bermasalah

YOGYA, KRJOGJA.com – Bergantinya status Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta (UPNVYK) dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi negeri sejak 2014 lalu, sampai saat ini masih menjadi polemik. Imbasnya, sejumlah dosen memilih ‘menyerah’ dengan mengabdi ke kampus lain. Tak hanya itu, beberapa dosen maupun karyawan yang telah mengabdi selama puluhan tahun tidak mendapatkan dana pensiun dari kampus.

Selain itu, Kontrak Kerja Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) masih menyisakan banyak masalah bagi dosen dan tenaga kependidikan (tendik). Permasalah muncul karena masa kerja dianggap nol (0) tahun, jabatan akademik diakui hanya sampai magister, pengembangan karir macet dan dosen tidak diperkenankan studi lanjut selama kontrak berlangsung.

“Kami dapat memahami dengan keputusan beberapa rekan yang memilih ‘resign’. Karena status dosen itu adalah jenjang karir. Seperti menjadi lektor kepala hingga guru besar. Mereka yang ada target ke sana, memilih keluar,” ujar Ketua Forum P3K UPNVYK Arif Rianto dalam jumpa pers status kepegawaian P3K PTNB di Laboratorium PR FISIP, Rabu (23/6/2021).

BERITA REKOMENDASI