Enterpreneur Tak Perlu Toko Offline, Anak Muda Jangan Takut Mulai Usaha

BANTUL, KRJOGJA.com – XL Axiata berkolaborasi dengan UMY menggelar Pup Up Campus di Sportarium, Senin (25/11/2019). Ratusan mahasiswa hadir dan belajar cara memanfaatkan teknologi untuk hal yang bermanfaat dari beberapa narasumber yakni Ferry Yuliana Sharif dari Gendhis Bag dan Didik Arwinsyah owner ummypancake.com. 

Ferry sendiri mengaku sebenarnya perjalanan Gendhis Bag cukup berwarna di 17 tahun usianya. Terlebih, Ferry sendiri memiliki background dokter gigi yang sebenarnya tak ada kaitan langsung dengan bisnis tas. 

“Siapapun kalian, background apa saja terpenting ada keinginan maka sangat mungkin terealisasi. Keinginan dan niat jadi modal utama, jadi ada passion dulu agar kita siap menghadapi apa yang ada di depan,” ungkap Ferry yang kini pasar tasnya sudah tersebar di seluruh Indonesia. 

Sementara Didik mengungkap saat ini untuk memulai bisnis sebenarnya tak membutuhkan modal besar apalagi harus memiliki toko dengan pegawai. Kemajuan teknologi menurut dia sangat bermanfaat dengan sarana yang disediakan untuk memasarkan produk. 

“Brand saya tidak ada tokonya, tapi tersebar di seluruh Indonesia. Dulu mindset pasti akan suka kalau ada toko entah dibeli atau disewa. Tapi kemudian muncul masalah ketika costnya besar harus bayar listrik, bayar pegawai juga. Tapi sekarang gak perlu seperti itu, kemajuan teknologi membantu kita. Jadi jangan takut untuk berusaha, terpenting jadi diri sendiri dan sisi marketing dimaksimalkan,” tandas dia. 

Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti mengatakan mahasiswa memiliki potensi memanfaatkan gadget bukan hanya sebagai pemenuhan kebutuhan berinteraksi. Ia berharap di Yogyakarta akan muncul enterpreneur-enterpreneur muda yang mampu membawa manfaat lebih sekaligus berdaya saing kedepan. 

“Program Pop Up Campus ini memang kami gelar sebagai sarana edukasi agar memahami pemanfaatan gadget untuk hal yang positif dan mungkin malah mendatangkan keuntungan ekonomi. Kami berharap muncul anak-anak muda luar biasa dari Yogyakarta setelah acara ini. Setelah itu kami akan tantang juga kota lain seperti Malang, Banjarmasin, Lampung, Bali, Bandung, Makassar, Bogor, Depok dan Medan,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI