Farmasi Unissula Adakan Pelatihan Apoteker

SEMARANG,KRJOGJA.com – Prodi Farmasi Fakultas Kedokteran Unissula Semarang menyelenggarakan pelatihan training of trainer (TOT) preceptor praktik kerja profesi apoteker (PKPA) di Semarang selama 2 hari belum lama ini.

Kepala UPT Kehumasan dan Promosi Unissula Dedi Rusdi MSi Akt CA kepada pers di Semarang Rabu (23/05/2018) menyatakan acara dihadiri 60 peserta, terdiri atas apoteker pembimbing lapangan dari berbagai puskesmas,  rumah sakit, distributor, industri farmasi, apotek, BPOM, Dinkes Provinsi, Dinkes Kota Semarang, serta para akademisi.

Kaprodi Farmasi Rina Wijayanti MSc Apt mengatakan bahwa pelatihan bertujuan untuk mempersiapkan apoteker-apoteker pembimbing lapangan yang akan menjadi fasilitator atau tempat melaksanakan praktik kerja profesi apoteker. Selain itu juga sebagai langkah awal untuk menyamakan persepsi para apoteker pembimbing lapangan terkait kurikulum dan capaian pembelajaran Profesi Apoteker FK Unissula.

Kegiatan ini mendatangkan Franciscus Cahyo Kristianto SSiSFarm-Klin, Apt selaku preceptor dan Ketua Bidang Pendidikan dari Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI). 

Pada presentasinya, ia memaparkan beberapa materi, di antaranya peran preceptor dalam menyiapkan apoteker professional, membangun keterampilan klinis apoteker, sumber-sumber informasi obat, Drug Therapy Problem (DTP), SOAP note hingga menyelesaikan kasus pasien dengan SOAP note. Selain itu Guru besar Fakultas Farmasi UGM Prof Dr Suwaldi Martodihardjo, MSc, Apt juga tampil sebagai Keynote Speaker. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI