Fikkes Unimus Adakan Pelatihan Gizi

SEMARANG, KRJOGJA.com – Prodi Gizi Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan (Fikkes) Universitas Muhammdiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Jateng menggelar pelatihan seminggu 'Nutrition Care Process (NCP) Dasar' dan 'Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP)' di kampus Unimus.
 
 Menurut Kaprodi D3 dan S1 Gizi Fikkes Ir Agustin Syamsianah MKes pelatihan mendatangkan sejumlah nara sumber termasuk Dr Martanela Purba MCN, Ahli Gizi RSUP Dr Sardjito Yogya dan dosen UGM yang juga Ketua Umum Asosiasi Dietisien Indonesia (AsDI). 

Menurutnya profesi bidang gizi sekarang paling banyak peminatnya dilihat dari tingginya minat masuk pendidikan tinggi gizi, Di sisi lain banyak profesi yang sebetulnya bukan ahli gizi namun menyebut diri mereka ahli gizi (dietisien), misalnya hanya mengikuti pelatihan 3 bulan bidang gizi (bukan kuliah D3/D4/S1 selama 4 tahun bidang gizi) lalu menyebut ahli gizi.
 
“Sekarang banyak mitra atau kompetitor yang mengaku-aku juga “ahli gizi klinik. Kami sedang berupaya bagaimana cara agar di rumah sakit harus ada area pembagian kerja yang jelas agar tidak tumpang tindih antara dokter gizi, ahli gizi dan tenaga gizi lainnya”  ujar Dr Martanela Purba MCN. (Sgi)

 

BERITA REKOMENDASI