FKM Undip Gelar Workshop Pendidikan Profesi Kesehatan Masyarakat

SEMARANG,KRJOGJA.com- Indonesia masih memiliki sejumlah masalah kesehatan masyarakat yang belum bisa terselesaikan. Salah satu di antaranya yaitu relatif masih banyaknya penderita stunting (pendek,cebol) di masyarakat. 

Penyebabnya bukan hanya persoalan kurang gizi tetapi juga karena masalah kesehatan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Dekan Fakultas Kesehatan (FKM) Undip  Hanifa Maher Denny SKM MPH PhD kepada pers di kampus FKM Undip di sela-sela Workshop Persiapan Penyelenggaraan Profesi Kesehatan Masyarakat Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) Level 7 dan Pertemuan Anggota AIPTKMI (Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia) Wilayah Tengah I (Jateng DIY dan Kalimantan) di kampus FKM Undip, Kamis-Jumat (27-28/07/2017).  
 
"Penyebab stunting bisa dari kandungan peptisida serta mercury pada makanan dimana Indonesia masuk kategori merah di peta WHO untuk mercury ini. Beda dengan masyarakat Jepang yang belakangan memiliki postur tinggi karena mereka sudah berhasil memberantas merkuri dan membiasakan diri makan ikan. 

Sekarang ini FKM Undip bersama pemerintah sedang menangani masalah 'cebol' (stunting) serta program menyelamatkan 1.000 hari pertama kehidupan bayi. Ada pula masalah penyakit lain seperti kaki gajah di Pekalongan akibat nyamuk yang saat ini belum pula bisa terselesaikan atau diatasi tuntas” ujar Dekan.
 
Ketua Panitia acara Ir Suyatno MKes menyatakan workshop dan pertemuan Anggota AIPTKMI sebagai persiapan acuan penyelenggaraan pendidikan profesi kesehatan masyarakat di Indonesia (KKNI Level 7). (Sgi)

BERITA REKOMENDASI