Formula Garuda 18 UNY Siap Berlaga di Jepang

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 15 orang anggota Garuda UNY Team (GUT) bakal turut serta dalam Student Formula Japan 2018. Delegasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang terdiri dari 14 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing itu akan membawa mobil andalannya Formula Garuda-18 (FG-18).

Rombongan akan berangkat ke Jepang pada 1 September mendatang. Dosen pembimbing sekaligus Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY, Dr Ir Zainal Arifin MT mengatakan, mobil FG-18 memiliki spesifikasi berbeda dari generasi sebelumnya."Bobot mobil ini semakin ringan yakni 209 kilogram, dengan dimensi lebih ramping," kata Zainal, Minggu (26/08).

Menurut Zainal, untuk pembuatan badan kendaraan dan manufaktur komponen dibuat sendiri oleh mahasiswa, dengan memanfaatkan fasilitas di kampus. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk pembelajaran dan pengalaman untuk mahasiswa dalam pengembangan teknologi.

"Hal ini penting, karena sebagai bentuk pengembangan jaringan dengan dunia internasional sebagai bahan perbandingan dan pembelajaran untuk mereka ke depan," jelasnya.

Di SFJ 2018 merupakan kali keempat bagi tim Garuda UNY. Pada even kali ini mobil FG-18 dilengkapi speedsensor dan traction control. Sedangkan kekuatannya menggunakan mesin single cylinder 600cc. Kecuali itu, desain badan, kerangka, serta bagian kendaraan lainnya menggunakan komponen baru. 

Pada SFJ 2018, terdapat 7 kategori perlombaan dari Static Event dan Dynamic Event. Pada Static Event, kategori lomba yakni Business Logic Plan, Design Report, dan Cost Report.(*-34)

BERITA REKOMENDASI