Forum BEM DIY Tegaskan Tak Terlibat dalam Anarkisme Demo UU Cipta Kerja

YOGYA, KRJOGJA.com – Gubernur DIY Sultan Hamengku X berdialog dengan perwakilan sejumlah mahasiswa yang terhimpun dalam Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) DIY. Pertemuan tersebut guna membahas aksi anarkis unjuk rasa Undang Undang Cipta Kerja yang terjadi di kawasan Malioboro pada Kamis (8/10/2020) lalu.

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan Gubernur DIY berdialog mengenai aksi yang sempat rusuh beberapa lalu dengan perwakilan Forum BEM DIY ini karena mengakibatkan ketidaknyamanan bagi berbagai pihak, termasuk para mahasiswa.

Pemerintah pada prinsipnya tidak pernah melarang siapapun untuk melakukan aksi demonstrasi terkait kebijakan atau apapun. Namun dalam setiap kegiatan unjuk rasa harus dipastikan mengantongi izin dari kepolisian.

“Pak Gubernur meminta teman-teman mahasiswa harus pandai membaca situasi. Jika sekiranya dalam menggelar aksi berpotensi untuk ditunggangi pihak-pihak tertentu itu besar, maka diminta untuk menunda. Dengan begitu meminimalisir anarkisme seperti yang terjadi kemarin,” tutur Aji usai mendampingi Gubernur DIY menerima audiensi Forum BEM DIY di Bangsal Kepatihan, Senin (2/11/2020).

BERITA REKOMENDASI