Fun Learning, Terobosan Baru Belajar Anak di Padukuhan Iroyudan

FUN LEARNING merupakan strategi yang digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif. Metode pendampingan belajar dalam bimbel (bimbingan belajar) ini dilakukan secara luring atau tatap muka namun tetap dengan prokes. Program Bimbel dengan konsep fun learning ini menjadi salah satu program kerja KKN Tematik mahasiswa Universitas Alma Ata Kelompok 03 Padukuhan Iroyudan yang diperuntukan bagi anak-anak TK sampai dengan SD di Padukuhan Iroyudan, Kalurahan Guwosari, Kapanewon Pajangan, Kabupaten Bantul. Anak-anak yang turut serta dalam program bimbel ini bisa bebas mengkonsultasikan tugas, materi pembelajaran maupun pekerjaan rumahnya (PR).

“Fun learning ini bertujuan untuk pendampingan belajar anak-anak yang tidak hanya membantu pengerjaan tugas dan PR namun juga dalam program bimbel (bimbingan belajar). Pendampingan belajar ini mengajak anak-anak untuk belajar sambil bermain agar mereka tidak jenuh dan bosan, seperti menghafal perkalian dengan bernyanyi, belajar perkalian menggunakan jarimatika, belajar berbagai mata pelajaran dengan media poster, dan lain sebagainya. Fun learning dalam program bimbel yang diadakan oleh mahasiswa KKN Tematik 03 ini membantu orang tua karena disini tim KKN hadir untuk membantu para anak-anak memahami pelajaran dan memberikan semangat belajar walaupun kini sekolah sudah mulai melakukan pertemuan tatap muka namun masih secara bergantian,” jelas Dr. Kana Safrina Rouzi, M.Si, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kegiatan ini.

Program Fun Learning ini digilir dari satu Padukuhan yang dibagi menjadi 3 kelompok, kelompok 1 bagi anak-anak RT 01 dan RT 02 (Kring Iroyudan) yang dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis, kelompok 2 bagi anak-anak RT 03 dan RT 04 (Kring Kalongan) yang dilaksanakan pada hari Selasa dan Jumat, serta yang terakhir kelompok 3 bagi anak-abak RT 05 dam RT 06 (Kring Jagad) dilaksanakan pada hari Rabu dan Sabtu. Program bimbel ini telah dibuka sejak Kamis, (07/10/2021) kemarin, yang berlangsung setiap hari Senin sampai dengan Sabtu pada Pukul 09.00 – 11.00 WIB dan diharapkan program ini terus berlangsung walaupun peserta KKNT sudah menyelesaikan pengabdiannya.

Kegiatan yang digagas oleh KKN Tematik Almaata 03, kelompok yang terdiri dari 11 mahasiswa berasal dari berbagai program studi ini disambut baik oleh perwakilan desa. “Kegiatan ini sangat membantu anak-anak yang selama ini bersekolah secara daring, untuk keluar dari kebiasaan yang menurut mereka membosankan. Sehingga semangat belajar mereka terus terjaga meski masih dalam situasi pandemi covid-19,” ujar Muhammad Hisyam selaku Ketua Padukuhan Iroyudan.(*)

BERITA REKOMENDASI