Ganjar Pranowo ‘Tantang’ Mahasiswa Kembangkan Energi Terbarukan

SEMARANG,KRJOGJA.com- Negara Indonesia saat ini menjadi negara yang sangat 'seksi' serta menjadi incaran atau rebutan secara pengaruh, kepentingan dan sumber daya (alam, manusia dan energi) oleh banyak negara asing lewat berbagai cara. 

Dianggap seksi karena Indonesia memiliki segala macam yang dibutuhkan manusia (bangsa-bangsa lain) di antaranya sumber energi melimpah, pangan melimpah dan tanah yang subur, jumlah penduduk yang besar sehingga potensi besar untuk pemasaran berbagai bentuk barang dan jasa, dan lain sebagainya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo SH MIP saat mengisi Kuliah Umum tentang “Bela Negara” bagi 2.400-an mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) di kampus kawasan Kedungmundu, Jumat (08/09//2017).  Kuliah Umum dibuka Rektor Unimus Prof Dr H Masrukhi MPd dengan menampilkan pembicara lain di antaranya para wakil rektor, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Widadi SH para dekan dan dosen Unimus.

Menurut Ganjar banyak negara yang ingin menguasai Indonesia serta ada pula yang ingin memecah belah Indonesia agar Indonesia tidak menjadi negara yang maju, makmur dan kuat. "Saat ini Indonesia menghadapi tekanan eksternal luar biasa, juga ancaman dari dalam tak kalah gencarnya. Mereka melakukan triger-triger (pemicu) lewat perubahan sikap masyarakat, pola pikir (ideologi dan berpikir makin individualis sehingga tidak peduli pada sesama dan negara), dan perilaku yang bukan lagi bercirikan Indonesia. Sudah banyak contoh terjadi, seperti beberapa negara di kawasan Arab seperti Irak, Libya dan sekarang mulai Suriah yang akhirnya hancur dengan dalih kemanusiaan, demokrasi dan HAM, namun di balik itu energilah yang menjadi incaran dan rebutan banyak negara” ujar Ganjar Pranowo.

Lebih lanjut menurut Ganjar, selain tantangan agar melakukan bela negara lewat perannya masing-masing dalam pembangunan bangsa, generasi muda diatantang untuk segera mendapatkan dan mengembangkan energi terbarukan. Indonesia kaya energi fosil tetapi sekaligus pengguna energi terbesar dan sampai saat ini Indonesia belum sepenuhnya mengembangkan energi baru terbarukan. (Sgi)

BERITA REKOMENDASI