‘Gebrakan Politisi’ Atasi Masalah Gizi

YOGYA, KRJOGJA.com – Gizi masih menjadi masalah besar bagi masyarakat. Apalagi di masa pandemi Covid-19. Hal ini tidak menyurutkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) – Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Untuk itu, dibuatlah Gerakan Beraksi Anak Negeri, Puzzle Modul Pojok Gizi, Poster dan Sosialisasi (Gebrakan Politisi) di SD Negeri Jetis Yogyakarta, Senin (21/09/2020).

Baiq Sukma Cholida, Ketua Pelaksana mengatakan, tim ini berhasil lolos masuk pendanaan dari Kemenristek Dikti Tahun 2020, salah satunya Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan Gebrakan Politisi. Tim dengan diketuai dirinya, mahasiswa UAD dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Tim ini beranggotakan 5 orang mahasiswa, yaitu gabungan antara mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (Baiq Sukma Cholifa S, Ade Gunawan, Syifa Alifa Rahma) dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Heni Dwi RAmadhani dan Sinda Ayunani). Tim ini memilih tema masalah gizi anak sekolah dengan judul kegiatan Gerakan Beraksi Anak Negeri, Puzzle Modul Pojok Gizi Poster dan Sosialisasi (Gebrakan Politisi) dilakukan di SD Negeri 1 Jetis Yogyakarta.

Baiq Sukma Cholifa, Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan berupa edukasi mengenai mencuci tangan dan konsumsi makanan yang sehat dengan tujuan mengatasi masalah gizi yang ditemukan. Dikatakan, program ini mendapatkan pendanaan dari Kemenristek Dikti dan berlangsung selama tiga bulan. Selama masa pandemi Covid -19 ini memang tidak ada aktifitas di sekolah tersebut, namun dalam pelaksanaan secara daring dengan memberikan video berdurasi pendek agar mudah dimengerti oleh anak usia SD.

“Permainan membuat anak senang untuk melihat dan mencoba permainan itu sendiri sebagai langkah awal edukasi mengenai konsumsi makanan sehat dan juga cuci tangan,” ucapnya, Selasa (22/09/2020).

UAD

BERITA REKOMENDASI