Gelar Aksi Hijau dengan Tanaman Lavender

YOGYA, KRJOGJA.com – Lima mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Bhakti Setya Indonesia (BSI) Yogyakarta, yakni Asih Sri Lestari (Ketua), Evi Budi Utami, Annisa Meradji, Elly Diana, Elly Nur Ayuningtyas mengajukan proposal Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) lolos dinilai Kemenristek Dikti. Kelima mahasiswa menggerakan warga Aksi Hijau dengan tanaman Lavender. "Tanaman Lavender mampu mengusir nyamuk dengan aroma tumbuhan tersebut. Ada 1.300 tanaman Lavender yang dibagikan kepada 130 Kepala Keluarga di RT 01 Modolan Banguntapan Bantul," kata Heri Setyawan, pembimbing mahasiswa PKM Poltekkes BSI Yogyakarta. Untuk merealisasikan Aksi Hijau Tanaman Lavender atau Lavenderisasi tidaklah mudah. Maka ditempuh beberapa tahapan. 

Kelima mahasiswa dalam terjun ke lapangan didampingi dosen pendamping Heri Setyawan MSi.
Merealisasikan proposal PKM dilakukan studi banding cara menanam, memelihara tanaman Lavender. Studi banding di Kelompok Tani Ngremboko Jatimulyo, Yogyakarta diikuti sekitar 20 orang warga RT 01 Modalan Banguntapan Bantul, 19 Juni lalu.
Heri Setyawan MSi (Pendamping PKM), Asih Sri Lestari (Ketua), Evi Budi Utami, Elly Diana kepada KRJOGJA.com di kampus Poltekkes BSI Yogyakarta, Jumat (21/06/2019) mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai mengatasi atau mencegah adanya demam berdarah. 

"Tanaman Lavenderisasi di warga RT 01 Modalan Banguntapan Bantul, dalam upaya untuk mencegah berkembangnya nyamuk penyebab demam berdarah. Ada 6 warga RT 01 Modalan  terkena demam berdarah, " ujar Heri Setyawan.

Selain itu, kata Asih Sri Lestari, kegiatan ini sebagai aksi hijau dan gerakan penghijauan bagi warga RT 01 Modalan Banguntapan Bantul,dalam penanaman Lavender di samping itu juga pendamping untuk tanaman sayuran sehingga dengan gerakan dan aksi hijau di tiap-tiap rumah warga dengan tanaman baik Lavender maupun sayuran maka lingkungan di sekitar akan menjadi bersih, rapi, sehat, dan juga warga masyarakat dapat meningkatkan nilai ekonomi dari tanaman sayur.

Dijelaskan Evi Budi Utami dan Elly Diana, Aksi Hijau dengan tananan lavender mampu untuk mengusir nyamuk. Gerakan Aksi Hijau memberikan aspek motivasi, pengetahuan, ketrampilan kepada warga RT 01 Modalan khususnya dan warga Banguntapan umumnya untuk lebih mencintai lingkungan, sehingga warga akan mempunyai pengetahuan dan ketrampilan dalam upaya  mencegah terjadinya penyebaran nyamuk penyebab demam berdarah di masa-masa yang akan datang. 

Mahasiswa PKM bersama-sama, Ibu-ibu warga RT 01 Modalan Banguntapan langsung praktek di Kelompok Tani Ngremboko yang dipandu langsung oleh Sadiran, selaku Ketua Kelompok Tani Ngremboko. Diawali dengan pencampuran tanah, dan media pupuk sebagai media tanam tanaman lavender dan dilanjutkan dengan cara penanaman di dalam polyback. Guna untuk memotivasi semangat masing-masing peserta mendapat Tanaman Lavender gratis.(Jay)

BERITA REKOMENDASI