Generasi Milenial Punya Tipikal Inovatif dan Kreatif

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebanyak 40 alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (Fishum) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta mengikuti Bimbingan Pra Inkubasi Bisnis Out Wall (Barista) Angkatan IV & V Tahun 2017 di Kampus Fishum UIN Suka Yogyakarta, Selasa (2/10/2017). Selama 5 hari para peserta diajari berbisnis kedai kopi.

Ketua Ikatan Alumni (Ika) Fishum UIN Suka Yogyakarta Nur Faizin, alumni yang ikut pelatihan kebanyakan masih berusia 20-25 tahun, yang tergolong generasi milenial. Salah satu tipikal generasi milenial ini tidak mau terikat dalam hal pekerjaan, selalu inovatif dan suka memulai usaha sendiri (start-up). Dipilihnya bisnis kedai kopi, karena saat ini mengkonsumsi kopi telah menjadi gaya hidup anak muda.

"Dengan memiliki ketrampilan berbisnis, para alumni bisa memulai berwirausaha," terang Faizin saat acara pembukaan. Barista merupakan kerja sama Ika Fishum UIN Suka dengan Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja. Adapun kurikulum pelatihan antara lain motivasi wirausaha, pengetahuan tentang kopi, teknik penyeduan manual, pengeoperasian mesin giling dan ekspreso hingga manajemen pelanggan.

Dekan Fishum UIN Suka Yogya Dr Ahmad Sodik mengatakan, dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, tantangan yang dihadapi menjadi tanpa batas. Ketrampilan berbisnis kopi ini akan semakin menguntungkan para alumni untuk menciptakan peluang kerja. "Meskipun generasi milenial identik dengan kreatifitas, namun hal itu harus tetap dibangun di atas sebuah ideologi bangsa," katanya.

Kabid Program dan Evaluasi, Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Purwantoro mengatakan, semakin orang memiliki banyak bekal keahlian, maka ia akan mampu menciptakan lapangan kerja. Di waktu yang bersamaan, pengusaha tersebut memberikan kesempatan bekerja bagi banyak orang. "Pelatihan berbisnis kopi ini meningkatkan terciptanya peluang usaha," katanya. (Dev)

 

UIN

BERITA REKOMENDASI