Genset Ramah Lingkungan, Juara Esai Nasional

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Genset ramah lingkungan menjadi solusi mengatasi kelangkaan bahan bakar (BB) untuk perahu nelayan. Gagasan inilah yang diangkat mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) dan berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi penulisan esai nasional dalam gelaran lomba Essay Mahasiswa Pekan Ilmiah Fisika XXX tingkat Nasional Tahun 2019 yang digelar di Universitas Negeri Semarang.

“Dalam lomba ini, kami mengajukan gagasan terkait pemanfaatan genset yang ramah lingkungan dalam upaya memberikan solusi bagi kelangkaan bahan bakar untuk perahu nelayan,” kata Umi Pratiwi SSi MSc selaku dosen pembimbing dalam kegiatan ini, Rabu (13/11/2019).

Tim mahasiswa Program Studi Fisika UMP yang meraih juara I ini mengangkat  judul ‘EFI – Genset (Eco Friendly Generator Set) Teknologi Terbarukan Genset Ramah Lingkungan Sebagai Solusi Kelangkaan Bahan Bakar Fosil bagi Perahu Nelayan’.

Dalam kompetisi itu, tim UMP yang terdiri dari Muhammad Masyruhan, Putri Wira Anjani dan Singgih Priyanto berhasil meraih juara pertama usai lolos tahap seleksi makalah dan presentasi dengan menyisihkan tim lain dari berbagai perguruan tinggi se Indonesia. 

“Dari mahasiswa kami ada dua tim Prodi Fisika yang lolos dalam tahap final presentasi, dan 1 tim berhasil meraih juara pertama,” jelas Umi Pratiwi. (Nar)

UMP

BERITA REKOMENDASI