Gerakan Kampus Sehat, PT di DIY Kompak Tak Ingin Lulusannya Punya Penyakit

SLEMAN, KRJOGJA.com – 20 kampus di wilayah DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Utara menandatangani kerjasama Gerakan Pencanangan Kampus Sehat, Kamis (19/11/2020). Mereka berkomitmen menjadikan kampus sebagai institusi sehat yang nantinya diharapkan membawa efek positif pada masyarakat.

Beberapa Pergirian Tinggi (PT) di DIY seperti UPN Veteran, UNY, UAD, UGM, UIN Sunan Kalijaga, UMY, UAJY, UTY, Sanata Dharma dan Universitas Amikom turut dalam gerakan ini. Mereka bergabung dengan 37 kampus yang sebelumnya sudah meneken kesepakatan serupa.

Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes, Kirana Pitasari, mengatakan tak hanya protokol kesehatan Covid-19 saja, kampus menjadi agen penting penyebaran kebiasaan bersih sehat untuk masyarakat. Kampus dengan segala ekosistem di sekitarnya menurut Kirana diharapkan jadi role model bukan justru sebaliknya, mencetak sumber daya manusia yang bermutu rendah.

“Kita tak ingin mahasiswa yang sedang produktif 4-5 tahun, setelah lulus tak bisa optimal karena tidak sehat. Ini sangat penting karena mahasiswa di usia sedang semangat besar, harus ada lingkungan sehat yang mendukung. Mempersiapkan mereka jadi SDM yang sehat. Jangan malah mahasiswa keluar kampus justru punya sakit obesitas, bahkan berpenyakit tak menular,” ungkap Kirana dalam seminar pencanangan daring yang disiarkan langsung dari UPN Veteran Yogyakarta.

BERITA REKOMENDASI