Dukung Kostratani Polbangtan YoMa Aplikasikan Pertanian Maju, Mandiri, Modern

YOGYA, KRJOGJA.com – Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan Yoma) melakukan panenan padi menggunakan Combine Harvester atau mesin pemanen padi, Kamis (14/2/2020) di Kebun Teaching Factory, Celeban Yogyakarta. Penggunaan mesin pemanen pada kegiatan tersebut merupakan pengaplikasian Pertanian Maju, Mandiri, Modern dalam rangka mendukung program Komando Strategis Pembangunan Pertanian ( Kostratani).

Kegiatan yang merupakan bagian dari praktik Mata Kuliah Teknologi Produksi Pangan ini diampu oleh Suharno SP MP.  Padi yang dipanen adalah varietas Inpari 19 yang memiliki produktivitas tinggi.

Kegiatan panen dilaksanakan oleh Mahasasiwa Semester III Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan 2 dengan menggunakan Combine Harvester, dan mendapatkan hasil panen sebesar 760 Kg untuk lahan 1.1100 m2.

Menurut Suharno SP MP varietas Inpari 19 dipilih karena potensi hasil panennya yang cukup tinggi, yaitu bisa mencapai 7,7 ton/hektar. “Selain itu, varietas tersebut juga tahan terhadap hama serta rasa berasnya yang lezat, sehingga banyak diminati di Indonesia,” kata Suharno.

Pemanenan padi dengan Combine Harvester juga serta bibit Inpari 19 membuktikan bahwa, Polbangtan Yoma berkomitmen mendukung Program Utama Kementerian Pertanian RI.

Pada era Menteri Pertanian syahrul yadin limpo, tujuan pembangunan pertanian ada 3 yaitu (1) menyediakan pangan untuk 267 juta jiwa penduduk Indonesia, (2) meningkatkan kesejahteraan petani, (3) meningkatkan ekspor 3 kali lipat.(*)

BERITA REKOMENDASI