Gunakan Sistem ODS, UMS Jaring Mahasiswa Baru

SOLO, KRJOGJA.com – Memasuki tahun baru 2019, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mulai melakukan penjaringan mahasiswa baru. Penerimaan Mahasiswa Baru (PBM) melalui sistem One Day Service (ODS) diresmikan Rektor Dr Sofyan Anif MSi, Rabu (02/01/2019).

Pada tahun akademik 2019/2020 Sofyan mentargetkan bisa meraih 8 ribu mahasiswa baru atau naik 10 persen dari tahun lalu. Dari jumlah itu sebagian diperuntukkan untuk menampung kader Muhammadiyah. "Kami menyiapkan kuota 250 kursi untuk kader Muhammadiyah yang dikirim Pengurus Daerah di seluruh tanah air," tambah Dr Triyono, Ketua PMB.

Sistem ODS semakin dipercaya masyarakat karena prosesnya relatif bersih. Tahapannya, sebelum menjalani verifikasi, tes kesehatan dan tes materi melalui komputer (computer based test), peserta lebih dulu melakukan pendaftaran secara online.

Sofyan memperkirakan jumlah pendaftar peminat untuk pilihan pertama sebanyak 20.993 pendaftar. Sementara peminat pilihan pertama dan kedua 41 ribu pendaftar. Jumlah program studi ada 59 yang tersebar di 12 fakultas.

Tahun ini ada penambahan prodi baru yakni Pendidikan Profesi Guru (PPG).(Qom)

BERITA REKOMENDASI