Guru Besar UNS Susun Buku Pintar Bagi Ibu Hamil

SOLO, KRJOGJA.com – Kehamilan dan persalinan pertama selain membahagiakan kadang ada yang memicu kondisi distress sampai depresi. Distress adalah stress yang berbahaya karena bisa menimbulkan komplikasi persalinan hingga pasca persalinan sehingga bisa timbul keadaan gawat daruratan,

"Jika hal itu tidak segera mendapatkan pertolongan yang adekuat bisa meningkatkan terjadinya angka kecacatan, kesakitan dan kematian baik ibu maupun bayinya," ungkap Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Dr Sutrisno dr SpOG (K), Senin (22/01/2017).

Menghadapi problema di atas Prof Sutrisno memberikan psikokuratif pada ibu hamil yang terbukti meningkatkan kelahiran normal dan dapat memperpendek waktu persalinan. Psikokuratif bisa dikerjakan oleh bidan yang telah berlatih, mulai hamil 32 minggu/ 8 bulan sampai menjelang persalinan pembukaan 2-3 cm.

Ketika melakukan penelitian ia memberikan dosis 1X seminggu bersama sama seluruh ibu hamil di rumah sakit, kemudian 3X seminggu individual di rumah masing-masing dengan durasi 60 menit.

"Saya menciptakan buku panduan yang saya sebut Buku Pintar Psikokuratif Stres Persalinan Primigravida yang berisi tentang dukungan kognitif, Sosial, Spiritual dan fisik yang dapat mengurangi intensitas stress, bahkan bisa menjadi kondisi eustress (stress yang tidak bebahaya)," tandasnya.

Semua di atas, lanjut Prof Sutrisno, dapat  mengubah ekspresi molecular; hormone kortisol serum darah menurun dan Heat Shock Protein (HSP) meningkat yang mempengaruhi otot rahim menjadi lebih kuat sehingga proses persalinan menjadi lebih lancar. Psikokuratif bisa dikerjakan dokter, bidan, tenaga kesehatan atau tenaga lain yang telah dilatih. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI