Guru Kurang Berminat Buat Video Pembelajaran

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJOGJA.com – Muhammadiyah Boarding School (MBS) Pleret Bantul bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pelatihan bagi guru-guru   SMP maupun SMA. “Pelatihan diikuti 20 guru dan dilakukan secara online melalui platform Google Meet,” kata Aan Hendroanto MSc, Ketua Pelaksana, Minggu (20/06/2021).

Kamiludin MPd, Direktur MBS Pleret Bantul mengatakan, kegiatan ini merupakan fasilitas bagi guru-guru MBS Pleret Bantul agar memiliki wawasan dan pengetahuan terkait pengembangan video pembelajaran. “Guru masih kurang berminat dalam membuat video pembelajaran. Alasannya karena rumit dan memakan banyak waktu. Guru-guru dulu pernah dilakukan pelatihan serupa. Pelatihan kali ini harapannya dapat memberikan alternatif bagi guru sehingga tumbuh kembali minat dalam berkarya membuat video kembali,” tuturnya.

Dijelaskan Aan Hendroanto, pelatihan yang dilakukan ini memang bertujuan mengenalkan guru bagaimana membuat video pembelajaran dengan mudah tanpa ribet. “Bagaimana kalau  membuat video itu tidak seribet yang kita pikirkan. Hanya perlu alat seadanya yaitu laptop atau HP, persiapan seperlunya, editing secepatnya tanpa harus banyak belajar,” ujarnya.

Selain itu, membuat video cukup menggunakan software gratis tanpa perlu instal macam-macam. Kegiatan yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan bersama Vita Istihapsari  MPd memberikan wawasan tambahan bagi guru dalam mempublikasikan video yang telah dikembangkan pada chanel YouTube.

Ustadzah Eva, salah satu peserta  memberikan respons yang sangat positif untuk pelatihan yang telah dilakukan. Menurutnya, aplikasi yang digunakan dalam pelatihan cukup simpel dan tidak ribet seperti yang dibayangkan selama ini. Dirinya bersemangat untuk mencoba membuat video yang terakhir dilakukan sekitar tahun yang lalu pada saat awal pandemi. Uswatun Khasanah selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UAD memberikan apresiasi pada dua narasumber kegiatan dan juga pada pihak MBS Pleret Bantul. Harapannya kegiatan dilaksanakan Kamis (17/06/2021) lalu merupakan kerja sama yang baik seperti ini bisa terus dilakukan kedepannya agar kualitas guru dan kegiatan pembelajaran di MBS Pleret Bantul semakin maju. (Jay)

BERITA REKOMENDASI