Hadapi Revolusi industri 4.0, Dosen Harus Melakukan riset dan Inovasi

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir  mengatakan dalam menghadapi revolusi industri 4.0,dosen harus melakukan riset dan menciptakan inovasi.

Demikian Menristekdikti Mohamad Nasir dalam sambutan pada pelantikan dan mengambil sumpah jabatan kepada Sepuluh Pimpinan PTN dan Dua Kepala LLDIKTI. Upacara pelantikan dilaksanakan secdi Auditorium Gedung D Kemenristekdikti, Senayan ,Jumat (26/10) sore.

Menteri Nasir menjelaskan dosen agar menjalankan tri dharma perguruan tinggi dengan sempurna.Jangan hanya fokus mengajar saja sehingga melupakan tri dharma yang lain. Dosen harus melakukan riset dan menciptakan inovasi.

Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, Menteri Nasir mendorong pimpinan perguruan tinggi, terutama politeknik untuk melakukan inovasi dalam bidang program studi. Politeknik yang merupakan pendidikan vokasi diharapkan dapat menjadi sumber lahirnya program studi kekinian yang membekali lulusannya dengan kompetensi dan keterampilan yang dibutuhkan dunia kerja di Era Revolusi Industri 4.0.

Dalam sambutannya Menteri Nasir mengingatkan para pejabat yang baru dilantik untuk menyampaikan bahwa perguruan tinggi merupakan tulang punggung bagi perubahan dan kemajuan bangsa. Oleh karena itu perguruan tinggi harus selalu melakukan inovasi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

“Sebuah Negara akan kalah  dalam persaingan global jika tidak melakukan Inovasi. Inovasi menjadi sangat penting, kreativitas Pimpinan perguruan tinggi serta Ketua Lembaga Layanan Perguruan Tinggi harus ditingkatkan,” ujar Menristekdikti.(ati)

 

BERITA REKOMENDASI