Harus Jadi Perhatian, Pentingnya Publikasi Jurnal Internasional

YOGYA, KRJOGJA.com – Penulisan artikel ilmiah yang mengedepankan base on research atau aspek penentuan topik riset yang memiliki kebaruan akan sangat menentukan. Sebab, artikel ilmiah yang memiliki kebaruan dapat membuat publikasi menjadi the first paper di jurnal internasional.

"Selain itu publikasi yang baik tentunya harus memiliki kontribusi bagi pengembangan keilmuan, sehingga pembaca dapat mudah dan melihat esensi artikel ilmiah tersebut," tutur Assistant Professor at University of Notre Dame Amerika Serikat, Munim Sirri PhD dalam Wokshop Publikasi Jurnal Internasional yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta di Aula Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Senin (4/6/2018) sore.

Karena itulah Munim menegaakan dosen harus kreatif dalam mengali topik riset agar dapat dieksekusi sebagai variabel moderasi dalam artikel ilmiahnya. Dengan demikian, artikel ilmiah yang eksplantori akan lebih disukai pembaca dan reviewer.

Sedangkan Kepala LPPM UNU Yogyakarta, Muhammad Mustafid menjelaskan workshop ini merupakan bagian dari proses penguatan kapasitas dosen dalam menulis di jurnal ilmiah berbasis riset. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi tahapan dari proses penguatan kemampuan para dosen dalam menemukan topik riset yang kemudian bisa dipublikasi sesuai standar jurnal ilmiah. (Feb)

BERITA REKOMENDASI