Hilangkan Stigma Negatif, Mahasiswa UMBY Sosialisasikan Pentingnya Kesehatan Psikis

BANTUL, KRJOGJA.com – Masyarakat Indonesia saat ini masih terus berkutat membahas permasalahan kesehatan fisik saja. Padahal, sisi psikologi dirasa menjadi salah satu faktor penentu kesehatan seseorang.

Hal inilah yang coba disampaikan mahasiswa Prodi Psikologis Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) saat menggelar sosialisasi sekaligus pendampingan bersama Puskesmas Sedayu 2 di kompleks Balairejo Argorejo Sedayu Bantul belum lama ini. Mahasiswa yang bersinergi bersama tim dokter puskesmas melaksanakan kegiatan luar ruangan bersama Orang Dengan Dampingan (Odam) yang selama ini mendapatkan perhatian dari pihak puskesmas.

Salah satu mahasiswa, Ayu Pradansari mengatakan ia bersama rekan dari Prodi Psikologi UMBY menggelar permainan luar ruangan bersama 50 Odam di Sedayu. Tujuannya, selain untuk menyegarkan pikiran kegiatan tersebut juga sebagai terapi memberikan rasa bahagia pada peserta.

“Dengan suasana fresh, Odam di Sedayu diharapkan semakin positif dalam menatap kedepan. Tertawa dan bercanda sebenarnya merupakan salah satu terapi psikis yang baik,” ungkapnya.

Sementara drg Elmi Yudihapsari MPH yang merupakan Kepala Puskesmas Sedayu 2 menyambut dengan baik program mahasiswa UMBY. Menurut dia, selama ini pasien yang datang belum mendapatkan pendampingan psikis maksimal karena berbagai macam hal.

“Selama ini pasien yang datang tidak hanya mengeluhkan soal masalah fisik, namun juga psikologis dan selama ini petugas kesehatan belum memberikan memberikan pelayanan psikologis yang maksimal bagi pasien. Karena itu kami mengapresiasi program UMBY yang membantu kami memberikan layanan pada masyarakat,” ungkapnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI