Ilmu Pemerintahan Indonesia Bisa Punya Kekhasan Tersendiri

Webinar menghadirkan pembicara lain Guru Besar Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran sekaligus Ketua Umum Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (Kapsipi) Prof Dr Utang Suwaryo MA, Dr Titin Purwaningsih MSi dan Guru Besar Fisipol UGM Prof Purwo Santoso PhD. Penyelenggara webinar Progran Studi Ilmu Pemerintahan STPMD ‘APMD’ bekerja sama dengan Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Indonesia (KAPSIPI) dan Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI).

Prof Utang Suwaryo mengatakan, bangsa Indonesia bisa dan memungkinkan menciptakan mazhab ilmu pemerintahan sendiri yang berbeda. Hal tersebut wajar dalam dunia ilmu karena, karena ilmu lahir dari pemikiran dan penelitian tentang dunia empiris. “Dengan demikian pola pikir kita tidak tergantung, tidak terpaku atau didikte oleh kubu atau mazhab (ilmu pemerintahan) yang ada,” katanya.

Sementara itu, Prof Purwo Santoso menuturkan, membingkai ulang Ilmu Pemerintahan dimulai dari pemerintahan (governance) dan pembuatan kebijakan (policy making) yang memiliki kekhasan cara memaknai dan menggeluti kebijakan. Hal ini terfokus pada interaksi kontekstual dalam menggeluti isu tertentu. (Dev)

BERITA REKOMENDASI