Imajinasi Gerabah Nusantara Pecahkan Rekor MURI

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Sekitar 787 pelajar dan mahasiswa beramai-ramai membuat gerabah dalam kegiatan Imajinasi Gerabah Nusantara di pendapa Javanologi kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Minggu (06/11). Mereka terlihat asyik memilin dan membentuk tanah liat menjadi aneka kreasi kerajinan gerabah.

 

Kegiatan yang digelar  mahasiswa Program Studi (Prodi)  Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Fakultas Ilmu Budaya (FIB) ini berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) dalam hal  pembuatan gerabah dengan peserta terbanyak. Ini rekor ke 7.696 yang dicatat Muri, jelas Vice Executif Manager Muri Sri Widayati.

Semula panitia mentargetkan 1000 peserta, tapi saat pelaksanaan tercatat 787 peserta Selama ini, menurut Widayati, dari sisi jumlah peserta pembuatan gerabah baru pertama kali. Kalaupun ada karya gerabah dalam kategori terbesar. Jadi Muri memberi apresiasi kegiatan tersebut. Apalagi generasi muda sangat minim pengetahunan terkait fungsi dan manfaat kerajinan gerabah.

 Ketua Panitia, Imajinasi Gerabah Nusantara, Muhammad Nasikul Iwan mengatakan pihaknya merasa terpanggil untuk ikut memajukan sektor pariwisata salah satunya melakukan aksi nyata pengembangan pariwisata berbasis budaya dan ekonomi kreatif.

Lewat kegiatan di atas mendotong generasi mengenal seni gerabah. Kegiatan ini menarik pelajar dan mahasiswa termasuk mahasiswa yang studi di perguruan tinggi di Solo termasuk UNS. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI