Industri Otomotif Butuh Kebijakan Pemerintah

PURWOREJO,KRJOGJA.com –  Meski sejumlah perguruan tinggi terkemuka di Indonesia telah berupaya untuk melahirkan produk-produk otomotif, namun kebijakan pemerintah dinilai belum memihak pada industri ini. Akibatkan upaya untuk membangkitkan industri otomotif banyak mengalami kendala, sementara produk otomotif luar negeri terus bergerak cepat menguasai pasar dalam negeri.

“Sebenarnya potensi pasar otomotif dalam negeri cukup besar, bahkan sangat dibutuhkan oleh masyarakat dari berbagai kalangan,” kata Kepala Pusat Inovasi Otomotif (PIO) UGM dan Peneliti Mobil Listri Indonesia Dr Eng Jayan Sentanuhady ST M Eng, Minggu (7/5/2017).

Dalam seminar nasional Teknik dan Pendidikan Teknik Otomotif di ruang seminar Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP), Jayan Sentanuhady menandaskan bahwa banyak perguruan tinggi memiliki komitmen tinggi untuk memproduksi komponen otomotif, bahkan diantara perguruan tinggi itu telah mengembangkan berbagai komponen yang dapat dikerjasamakan dengan perguruan tinggi lainnya.

“Desain program sudah kita mulai dengan memproduksi mobil nasional. Desain ini merupakan ide dari para mahasiswa,” jelasnya.(Nar)

BERITA REKOMENDASI