Ini Tiga Skema Keberpihakan PTKIN untuk Mahasiswa

JAKARTA, KRJOGJA.com – Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) telah menyiapkan tiga skema untuk meringankan beban mahasiswa terdampak Corona Virus Diesease 2019 (Covid-19). Skema tersebut telah dibahas bersama dalam rapat koordinasi daring antara Ditjen Pendidikan Islam dan pimpinan PTKIN se-Indonesia, 30 April 2020.

“Usulan para Pimpinan (UIN/IAIN/Ketua) PTKIN untuk meringankan beban mahasiswa diapresiasi Menteri Agama,” kata Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Prof M Arskal Salim GP di Jakarta, Selasa (05/05/2020).

Menurut Arskal, sejak awal pimpinan PTKIN berkomitmen meringankan beban mahasiswa akibat pandemik Covid-19. Ada tiga langkah yang disepakati akan ditempuh. Pertama, memberi kesempatan bagi tiap mahasiswa yang ekonomi orangtuanya terdampak akibat wabah Covid-19 untuk mengajukan surat permohonan banding Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada masa pembayaran semester ganjil 2020-2021.

“Kita membuka kesempatan bagi mahasiswa terdampak Covid-19 untuk mengajukan keringanan UKT kepada Rektor/Ketua masing-masing,” ujar Arskal.

BERITA REKOMENDASI