Inovasi Mahasiswa Tingkatkan Daya Saing Bangsa

BOGOR (KRjogja.com) – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir membuka gelaran Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2016 di Institut Pertanian Bogor, Senin (08/08/2016). Dalam penyelenggaraan yang ke-29 tahun ini, ia berharap PIMNAS dapat melahirkan berbagai inovasi yang akan membawa Indonesia untuk bersaing di kancah internasional.

"Ajang seperti ini harus dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggul dalam inovasi. Inovasi penting untuk kemandirian dan meningkatkan daya saing bangsa," paparnya dalam upacara pembukaan PIMNAS di Graha Widya Wisuda IPB.

Dalam kesempatan ini ia menyampaikan apresiasi kepada para mahasiswa yang telah mampu menunjukkan prestasi melalui karya penelitian dan produk inovasi mereka. Para mahasiswa ini, menurutnya, memiliki potensi yang sangat besar sehingga perlu diapresiasi dan didukung agar dapat terus berkembang. Ia pun berjanji akan terus menunjukkan dukungan bagi mereka yang berprestasi.

"Kalau ada dari inovasi mahasiswa yang bisa masuk ke industri atau dilombakan di tingkat internasional, pasti akan kita dampingi," ujarnya.

Ia pun mengajak segenap perguruan tinggi untuk dapat terus menggalakkan inovasi. Ia menjelaskan, Kemristek Dikti saat ini tengah menyusun Peraturan Menteri yang mengatur mekanisme agar para peneliti tidak direpotkan dengan laporan keuangan dan urusan administrasi yang menyulitkan, sehingga mereka dapat fokus pada penelitian yang akan menghasilkan output yang baik. "Harapannya di waktu mendatang penelitianlah yang dilihat sebagai sesuatu yang menarik, bukan sekedar jabatan" tambahnya (*)

UGM

BERITA REKOMENDASI