International Day di UAJY

YOGYA (KRjogja.com) – Guna mendukung program Internasionalisasi Universitas, sekaligus memeriahkan International Week Dies Natalis UAJY ke-51, untuk ketiga kalinya Kantor Kerjasama dan Promosi menggelar International Day. 

Kegiatan ini dilatarbelakangi semakin meningkatnya entitas kehadiran staff maupun mahasiswa asing dari Universitas partner di UAJY dan untuk memberikan tambahan pemahaman akan perbedaan latar belakang budaya pada komunitas UAJY. Proses Internasionalisasi Universitas, bukan hanya dari sisi akademik, namun juga sisi sosio cultural yang dapat mendorong harmonitas kehidupan global yang lebih baik. Diharapkan dengan penyelenggaraan beberapa kegiatan yang melibatkan staff maupun mahasiswa asing, komunitas UAJY semakin adaptif dan semakin siap untuk menghadapi persaingan global. 

Kegiatan International Day sebagai salah satu wahana pertemuan mahasiswa asing dengan komunitas UAJY dalam keberagamanan budaya, menjadi ajang bagi mahasiswa asing untuk lebih mengenalkan keunikan dan keunggulan negara mereka masing-masing, termasuk masakan khas negaranya. Tercatat 16 stand akan unjuk rupa, terdiri dari negara Madagaskar, Mesir, Serbia, Kamboja, Laos, Fiji, Timor Leste, India, Italia, Jerman, Perancis, Jepang, Republik Korea, Republik Ceko, Thailand, Italia dan satu stand yang akan digawangi Komunitas Mahasiswa Daerah Batak, Papua dan Dayak sebagai wakil dari Indonesia. 

Dalam tiga kali penyelenggaraan kegiatan, respon mahasiswa asing maupun mahasiswa intern UAJY meningkat, terlihat dari antusiasme  mahasiswa internal UAJY maupun mahasiswa asing selama proses  persiapan kegiatan.  Proses intercultural yang terjadi selama persiapan dan pasca kegiatan memperkaya pemahaman dan kebanggaan mahasiswa akan keragaman budaya masing-masing. Mereka menjadi semakin akrab dan mampu  merasakan bahwa di dunia ini banyak hal yang berbeda namun budaya menyatukan semuanya. 

Tema Explore, Exchange & Experience dipilih sebagai pengembangan tema tahun sebelumnya dan sebagai upaya merealisaikan tema Dies Natalis UAJY ke-51: Pemantapan Keunggulan Lokal Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Global. Selain pameran budaya dan kuliner, panitia juga menggelar beberapa workshop, antara lain Germany Food Cooking Class dan Proud of Indonesia yang akan menampilkan cara pembuatan tempe, merangkai janur serta melukis kayu. (*)
 

BERITA REKOMENDASI