IoTanam UGM Juara II Emotycon UNS

SOLO, KRJOGJA.com – Aplikasi IoTanam karya mahasiawa Universitas Gajahmada Yogyakarta meraih juara II Kompetisi Aplikasi Pertanian Berbasis Android dengan nama EMOTYCON (AgriculturE Mobile TechnologY CONtest) yang diselenggarakan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo bersama Ikatan Alumni Fakultas Pertanian UNS (IKATANI).

IoTanam, smart urban farming digarap oleh Andika Prima Sandi, Al Sahril dan Haris Hendrik. Aplikasi ini merupakan start up yg bergerak di bidang pertanian yang mengkombinasikan teknologi internet of things dan kecerdasan buatan dengan sistem pertanian. "Untuk tahap awal aplikasi ini masih fokus pada hidroponik. Ke depan dikembangkan untuk tanaman yang lain." Jelas Al Sahril usai menerima tropi, Rabu (27/3).

Dengan IoTanam, lanjutnya, pertanian akan lebih mudah dimonitoring dan dikontrol di mana pun dan kapan pun secara real time dengan data akurat. Setelah hidroponik akan masuk ke aquaponik, aeroponik, dan vertikultur. "Dari aplikasi kami, semuanya dapat dipantau melalui handphone."

Juara I direbut Telkom University yang membuat Urban Tani Platform dan juara III alumni UNS dengan karya Perum 01. Tema kompetisi yang diangkat “Peran Digital dalam Mewujudkan Ketahanan dan Keamanan Pangan di Era Revolusi Industri 4.0”.

Penyerahan hadiah diberikan pada seminar nasional dan Praloknas FKPTPI BKS Wilayah Timur di Fakultas Pertanian UNS dengan tema “Sumber daya Pertanian Berkelanjutan Dalam Mendukung Ketahanan dan Keamanan Pangan Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0”. (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI