Jadi Vaksinator Covid-19, Dosen Prodi D3 Kebidanan UAA Wujudkan Tridharma Perguruan Tinggi

FUNGSI vaksin Covid-19 terbukti dapat memberikan kekebalan spesifik terhadap suatu virus covid dan dapat meminimalisir dampak yang diakibatkan oleh terpaparnya virus/penyakit tersebut. Jika telah divaksin namun terpapar COVID-19 maka akan menunjukkan gejala yang lebih ringan atau tanpa gejala.

Hal tersebut yang menyebabkan antusias masyarakat semakin tinggi untuk menerima vaksinasi. Sesuai Surat Edaran Kemenkes RI tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 No. HK.02.02/11/368/2021 tentang petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lansia, komorbid, ibu menyusui dan penyintas Covid-19.

“Pelaksanaan program percepatan vaksinasi yang digalakan pemerintah menggerakan para dosen Prodi D3 Kebidanan dalam ikut partisipasi aktif ikut terjun ke masyarakat sebagai sukarelawan vasinator di berbagai tempat,” jelas Ketua Program Studi D3 Kebidanan Universitas Alma Ata Yogyakarta Sundari Mulayningsih, S.SiT., M.Kes.

Kegiatan sukarelawan itu dikoordinir oleh Koordinator Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prodi D3 Kebidanan UAA yaitu Fatimah, S.SiT., M.Kes sehingga kegiatan tersebut berjalan baik. Tim vasinator dari dosen dan mahasiswa dilakukan di Aula Kelurahan Guwosari, Bantul dengan target sasaran peserta vaksin 1 dan 2, Kelurahan Argodadi, Sedayu, Bantul dan beberapa tempat lainnya.

“Kegiatan ini merupakan program yang sangat bermanfaat dan sebagai bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu capaian Tridharama Perguruan Tinggi,” pungkas Sundari Mulayningsih.(*)

BERITA REKOMENDASI