Jadi Wadah Berkreasi, UKM Penelitian UNU Yogyakarta Dibentuk

YOGYA, KRJOGJA.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Penelitian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakata secara remi dikukuhkan, Senin (29/1/2018) di kampus setempat. Pengukuhan tersebut juga dibarengi dengan kegiatan Seminar Kepemudaan bertajuk 'Membangun Generasi Aswaja Steril Narkoba' menghadirkan pembicara dari Lembaga Penyuluhan Anti Narkoba (LPAN) DIY.

Rektor UNU Yogyakarta Prof Purwo Santoso MA PhD dalam sambutannya meminta kegiatan ini menjadi titik awal bagi UKM Penelitian untuk menjadi salah satu UKM unggulan di lingkungan UNU Yogyakarta. Untuk itulah UKM Penelitian ini ke depan akan berada di barisan terdepan civitas akademika UNU.  

"UKM Penelitian ini akan menjadi pelopor tradisi pembelajaran mandiri. Ketrampilan dasarnya mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan untuk kemudian mencari jawaban ilmiah yang tersedia," ucap Prof Purwo Santoso.

Selain itu lanjutnya, anggota UKM ini tidak hanya belajar dalam bidang ilmu masing-masing melalui penelitian yang dilakukan. Melainkan juga mengajak anggotanya berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan di kelas.  

"Dengan begitu, kegiatan kelas akan mengasyikkan. Dengan cara itulah student centered learning berlangsung di UNU. Karenan pentingnya penelitian, sejumlah kegiatan UKM ini wajib diikuti mahasiswa. Dengan demikian, UKM penelitian akan bisa menjadi wahana baru kemahasiswaan untuk mentradisikan pembelajaran di UNU berbasis penelitian," terang Prof Purwo.

Terpisah, Ketua Umum UKM Penelitian, Moh Taqiyuddin Saleh berharap hadirnya UKM yang dipimpinnya mampu memenuhi harapan yang diinginkan. Pihaknya juga siap bekerja keras mewujudkan harapan tersebut sekaligus sebagai langkah membangun kualitas pendidikan di UNU Yogyakarta. (Feb)

 

BERITA REKOMENDASI