Jaksa Agung Beri Kuliah di Undip

SEMARANG,KRJOGJA.com – Jaksa Agung RI HM Prasetyo SH memberikan kuliah umum di hadapan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) Semarang, Rabu (21/02/2018).

Kuliah umum dengan tema 'Peran Kejaksaan Dalam Penegakan Hukum dan Pembangunan Nasional' tersebut dihadiri Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum, Dekan FH Undip Prof Dr R Benny Riyanto SH MHum, Guru Besar Hukum Undip yang juga mantan Menkeh Prof Dr Muladi SH, Civitas Akademika, serta Jajaran Kejaksaan RI.

Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum menyatakan hukum atau aparat penegak hokum sering dianggap penghambat pembangunan nasional padahal hukum adalah akselerator dari pembangunan.

“Kami sebagai eksekutor pembangunan salut kepada kejaksaan agung. Undip adalah kandang dari hukum progresif  yang berarti hukum yang mensejahterakan serta menghilangkan kesan hukum yang menakutkan, tapi hukum yang menggembirakan," tutur Rektor.

Dalam kuliah umumnya, Prasetyo menjelaskan terciptanya sebuah pembaruan paradigma penegakan hukum institusi Kejaksaan yang memadukan upaya represif dan preventif secara proporsional, seimbang, objektif, dan terukur. 

Inovasi penegakan hukum tersebut terwujud dalam bentuk Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4), yang meliputi tindakan menyeluruh, sistemik, holistik, dan integratif melalui upaya pemahaman dan peningkatan kesadaran hukum masyarakat, penghukuman terhadap pelaku kejahatan sesuai dengan tingkat derajat kesalahan dan akibat yang ditimbulkannya. Selain itu, upaya pemulihan pasca terjadinya tindak pidana dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi.

Prasetyo  menyatakan  kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum dituntut lebih berperan dalam menegakkan supremasi hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan hak asasi manusia, serta pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). 

Kejaksaan Republik Indonesia sebagai lembaga negara yang melaksanakan kekuasaan negara di bidang penuntutan harus melaksanakan fungsi, tugas, dan wewenangnya secara merdeka, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan pengaruh kekuasaan lainnya. (sgi)

BERITA REKOMENDASI