Keberadaan Akfis YAB untuk Penuhi Kebutuhan Tenaga Fisioterapi

YOGYA, KRJOGJA.com – Tenaga fisioterapis di Indonesia terasa masih kurang. Seorang fisioterapis menangani 35.000 orang penduduk, padahal idealnya seorang fisioterapis melayani 7.500 orang penduduk. Itulah yang mendorong Yayasan Yogyakarta Angga Binangun (YAB) mendirikan Akademi Fisioterapi (Akfis) YAB Yogyakarta. Keterangan ini disampaikan oleh Direktur Akfis YAB Yogyakarta, Hj Siti Alimah SST FT MM, di ruang kerjanya, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, Akfis YAB berdiri tahun 2001 sebagai penyelenggara pendidikan Diploma III Fisioterapi dengan pembina GKR Hemas. Lokasinya di Jalan Lingkar Selatan Malangan Giwangan Yogyakarta. Akfis merupakan akademi fisioterapi pertama dan satu-satunya di Yogyakarta.

“Kami baru saja menyelenggarakan wisuda angkatan XVIII November 2021 kemarin,” kata Siti Alimah. Mahasiswanya terutama dari DIY dan sekitarnya, kemudian beberapa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Menurutnya Akfis YAB juga menjalin kerjasama dengan rumah sakit, puskesmas, klinik, pusat kebugaran dan kecantikan serta institusi lainnya.

Menurut Siti Alimah, fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang diwujudkan kepada individu atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan secara manual. Peningkatan gerak peralatan (fisik, elektroteraupetik dan mekanis), pelatihan fungsi komunikasi.

BERITA REKOMENDASI