Kelompok Nareswara KKNT UAA Edukasi Masyarakat Beji Kulon dan Beji Wetan Terkait Pentingnya Vaksinasi

DALAM upaya menyukseskan program vaksinasi akibat Corona Virus Disease (Covid-19) yang tengah digencarkan oleh pemerintah Indonesia, mahasiswa KKN Tematik Universitas Alma Ata (UAA) kelompok Nareswara yang berjumlah sembilan anggota dan terdiri dari beberapa program studi yaitu Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Manajemen, dan Ilmu Gizi mengadakan acara sosialisasi vaksinasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Beji Kulon dan Dusun Beji Wetan, Desa Sedangsari, Kapanewon Pajangan, Bantul.

Pada kesempatan tersebut, mahasiswa KKN Tematik UAA berkolaborasi dengan program studi S1 Kebidanan yang dipimpin Prasetya Lestari,S.ST.,M.Kes dan D3 Kebidanan yang diketuai Fatimatasari, M.Keb.,Bd melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai jenis-jenis vaksin, efek samping setelah vaksin, dan dampak vaksin pada ibu hamil.

“Tidak lupa juga dalam sosialisasi vaksinasi ini kami tetap menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat berupa penggunaan masker, penggunaan hand sanitizer, jaga jarak antar peserta sosialisasi dan pengecekan suhu badan peserta sosialisasi vaksinasi maupun panitia,” ujar Ika Tri Susilowati,S.Pd.,M.Pd, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kegiatan ini.

Di Dusun Beji Wetan dan Beji Kulon saat ini masih banyak warga yang enggan untuk melakukan vaksinasi, dikarenakan kurangnya edukasi mengenai efek samping vaksin. Tidak sedikit pula masyarakat dan ibu hamil yang mendapatkan berita hoax mengenai efek yang ditimbulkan setelah vaksin seperti vaksin mengandung microcip, vaksin tidak halal, dan vaksin menyebabkan kematian.

Harapan diadakannya sosialisasi vaksinasi yaitu dengan tujuan agar masyarakat mendapatkan ilmu mengenai vaksin, baik untuk masyarakat umum, ibu hamil dan ibu menyusui. Selain itu, diharapkan pula dapat lebih mengedukasi masyarakat terhadap pentingnya pencegahan virus covid-19 ini dengan program vaksin yang telah dianjurkan oleh pemerintah.(*)

BERITA REKOMENDASI